PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN PLASTIK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PRATAMA, ARDIN PUTERA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN PLASTIK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Publis JURNAL Ardin.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan plastik pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control grup desain. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Ampenan, siswa kelas VC sebagai kelas eksperimen dan VD sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (posttest) diuji normalitasnya dengan chi-kuadrat kemudian diuji homogenitasnya menggunakan perbandingan varians terbesar dan varians terkecil, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan Uji-t, uji signifikansi diperoleh ttabel untuk db = 29 adalah 2,045 sehingga thitung> ttabel yaitu 3,121 > 2,045. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT berbantuan plastik pecahan terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN 13 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Numberead Heads Together ,Alat Peraga Plastik Pecahan, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item