EFEKTIVITAS PENATAAN RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN GUGUS I KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURDIANA, DINA (2018) EFEKTIVITAS PENATAAN RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN GUGUS I KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL DINA NURDIANA (E1E214022).pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penataan ruang kelas terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas III SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive yaitu dengan pertimbangan tertentu, maka tidak semua sekolah dan peserta didik dijadikan sample penelitian. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III di SDN 25 Mataram, SDN 18 Mataram, dan SDN 37 Mataram berjumlah 84 peserta didik, sebagai pertimbangan yaitu jumlah peserta didik di masing-masing sekolah tidak terlalu jauh perbedaannya, dalam penataan tempat duduk yang harus diperhatikan yaitu jumlah dari peserta didik di dalam kelas, dan ketiga sekolah tersebut masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keterlaksanaan pembelajaran dengan penataan tempat duduk dan tes hasil belajar IPS. Data angket dianalisis menggunakan rumus SMI, diperoleh nilai rata-rata 76,94 dengan kategori cukup baik. Data hasil belajar IPS dengan penataan tempat duduk memperoleh nilai rata-rata 77,38 dengan kategori tinggi. Pengujian Hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh (rhitung) 0,536 > (rtabel) 0,214 pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotses nihil (H0) ditolak dah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi penataan ruang kelas efektif terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas III di SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penataan Ruang Kelas, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item