THE HEARING-IMPAIRED STUDENTS’ COMPREHENSION OF VOCABULARY IN ENGLISH TEXT: A Study at Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pembina Mataram in Academic Year 2018/2019.

ARDINA, RAHAYU SUCI (2018) THE HEARING-IMPAIRED STUDENTS’ COMPREHENSION OF VOCABULARY IN ENGLISH TEXT: A Study at Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pembina Mataram in Academic Year 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THE HEARING-IMPAIRED STUDENTS COMPREHENSION OF VOCABULARY IN ENGLISH TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

kesulitan atau tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru dalam pengajaran kosakata bahasa inggris, dan cara-cara yang dilakukan oleh guru bahasa inggris dalam menangani masalah-masalah tersebut. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi terhadap proses belajar-mengajar di dalam kelas, dan wawancara yang dilakukan kepada guru bahasa inggris. Studi ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan subjek pada penelitian ini adalah satu guru bahasa inggris dan enam siswa tunarungu kelas tujuh pada tingkat sekolah menengah pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada empat cara yang dicoba oleh siswa tunarungu untuk memahami kosakata bahasa inggris seperti memeriksa di dalam kamus, bertanya kepada guru atau teman-temannya, dan juga mereka dibantu oleh berbagai macam media dan tekhnik pengajaran, dan guru juga berpatisipasi untuk memastikan dan mengukur pemahaman siswa terhadap kosakata bahasa inggris di dalam teks bahasa inggris; 2) Kesulitan-kesulitan atau tantangan-tantangan yang sering dihadapi oleh guru bahasa inggris di dalam kelas adalah: a) Keterbatasan kemampuan siswa dalam berkomunikasi; b) kurangnya media; c) materi yang tidak sesuai; dan d) lingkungan kelas; 3) Dalam menangani beberapa masalah tersebut, guru menanganinya dengan cara menggunakan pengulangan dan menerjemahkan seperti menggunakan bahasa inggris, bahasa indonesia, dan bahasa isyarat, menggunakan beberapa media, menyesuaikan isi materi, dan berusaha untuk menghindari lingkungan yang jenuh dengan cara memberikan beberapa waktu (menit), memberikan sebuah motivasi, memainkan permainan, dan mengajak siswa untuk belajar diluar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Siswa Tunarungu, Kosakata Bahasa Inggris, dan Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11538

Actions (login required)

View Item View Item