ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN PADA NOVEL “ BUKAN NOVEL PINANG DI BELAH DUA” KARYA RATNA INDRASWARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Hadi, Samsul (2018) ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN PADA NOVEL “ BUKAN NOVEL PINANG DI BELAH DUA” KARYA RATNA INDRASWARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian yang berjudul Analisis Aspek Pendidikan pada Novel “Bukan Pinang Dibelah Dua ” karya Ratna Indraswari, dan hubungan nya dengan pengajaran sastra di SMA adalah untuk memahami dan menemukan aspek-aspek pendidikan yang ada di dalam nya. Metode yang di pergun akan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Artinya yaitu menggambarkan obyek atau sasaran penelitian, melalui pendekatan pragmatic untuk menelaah nilai pendidikan nya, metode documenter yaitu studi kepustakaan, metode observasi yaitu mencatat penilaian dan pertimbangan terhadap obyek yang diteliti, metode intuitif yaitu menganalisis secara seksama setiap data yang ditemukan dan secara empiris dapat dihayati kebermaknaan data tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) pengajaran sastra harus dititik beratkan pada pembinaan apresiasi anak didik, (2) pengajaran sastra adalah salah satu media pendidikan bagianak didik, dan (3) novel “ Bukan Pinang Dibelah Dua” karya Ratna Indraswari : dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pengajaransatra di SMA, karena bentuk dan isinya sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan apresiasi sastra yaitu anak didik dapat mendapatkankenikmatandankemanfaatan (dulce et utyle) dari novel ini, antara lain dapatmengembangkanperasaananakdidik, dapatmengembangkandayapikirananakdidikdandapatmengembangkan moral anakdidik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Deskriftif ,Pendidikan ,Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item