PERKIRAAN DAERAH RAWAN TSUNAMI DI PESISIR KOTA MATARAM BERDASARKAN SKENARIO GEMPA DI LEPAS PANTAI UTARA LOMBOK Approximation Of Tsunami-Prone Areas In The Coastal City Of Mataram Based On The Earthquake Scenario On The North Coast Of Lombok

Wardani, Lukita (2018) PERKIRAAN DAERAH RAWAN TSUNAMI DI PESISIR KOTA MATARAM BERDASARKAN SKENARIO GEMPA DI LEPAS PANTAI UTARA LOMBOK Approximation Of Tsunami-Prone Areas In The Coastal City Of Mataram Based On The Earthquake Scenario On The North Coast Of Lombok. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel ilmiah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pulau Lombok merupakan pulau yang paling rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Pulau Lombok berada dekat dengan zona subduksi yang merupakan pertemuan dua lempeng tektonik aktif dunia yaitu Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. Zona subduksi tersebut merupakan daerah sumber utama untuk tsunami yang mungkin melanda bagian selatan pulau. Selain itu, patahan busur belakang (back arc) menjadi sumber utama tsunami lokal di lepas pantai utara Lombok. Pada tahun 1979 terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 Mw dengan kedalaman 25 km (sumber USGS) yang merupakan gempa bumi dengan kekuatan terbesar yang pernah terjadi di lepas pantai utara Lombok. Meskipun tidak menyebabkan terjadinya tsunami, kerawanan posisi Pulau Lombok tersebut memberikan ancaman tsunami yang besar di seluruh pesisir yang ada di pulau, terutama untuk ibu kota provinsi yang juga berada di Pulau Lombok yaitu Kota Mataram. Upaya mitigasi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat peta kawasan rawan bencana tsunami. Dalam penelitian ini, pemodelan tsunami menggunakan Software COMCOT v1.7 dengan pembangkit gelombang awal tsunami menggunakan model patahan akibat kejadian gempa. Simulasi tsunami menggunakan skenario kejadian gempa pada 30 Mei 1979 dengan Magnitude 6,4 Mw dan menggunakan skenario magnitude gempa yang lebih besar yaitu 7,0 Mw guna mengetahui wilayah-wilayah yang rawan terkena tsunami. Pemetaan wilayah rawan Tsunami dibuat dengan software pembuat gambar CAD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tsunami, Simulasi, Skenario, Gempa, Pesisir Kota Mataram
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item