REDESAIN JEMBATAN DODOKAN TIPE PRATEGANG MENGGUNAKAN SISTEM STATIS TAK TENTU Redesign of Dodokan Bridge Using Prestress Continous Beams

SYARANI, AHMAD (2018) REDESAIN JEMBATAN DODOKAN TIPE PRATEGANG MENGGUNAKAN SISTEM STATIS TAK TENTU Redesign of Dodokan Bridge Using Prestress Continous Beams. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Jembatan Dodokan merupakan jembatan yang menghubungkan ruas jalan Gerung-Lembar yang memiliki bentang 25 meter dan 45 meter dengan satu pilar. Jembatan ini menggunakan beton prategang sebagai konstruksi utamanya dengan system balok sederhana. Sistem ini mengakibatkan momen yang terjadi pada tengah bentang besar, sehingga ukuran penampang yang diperlukan juga lebih besar. Dalam tugas akhir ini dilakukan perencanaan ulang jembatan Dodokan menggunakan beton prategang segmental I girder dengan system statis tak tentu. Tujuan penggunaan system ini adalah untuk mereduksi momen yang terjadi sehingga memungkinkan ukuran penampang menjadi lebih kecil. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan pengumpulan data-data yang diperlukan seperti panjang dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, data tanah dan lain-lain. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan preliminary desain penampang dan perhitungan pembebanan dengan bantuan program SAP 2000. Selanjutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan, momen, dan geser, kemudian perhitungan penulangan girder dan blok ujung. Setelah perhitungan struktur atas dilakukan, tahap selanjutnya perhitungan bangunan bawah yang terdiri dari abutment, pilar, dan pondasi. Hasil analisis didapatkan girder yang digunakan memiliki tinggi 1,90 meter dengan 3 buah tendon. Pada setiap tendon terdiri dari 21 strand dengan diameter strand 15,7 mm spesifikasi BBR VT CONA CMI SP. Gaya prategang awal yang didapat sebesar 10750,00 kN, dengan gaya prategang efektif sebesar 8448,207 kN dengan total kehilangan prategang sebesar 33,200%. Dimensi bangunan bawah digunakan abutment dengan tinggi 5,2 meter dengan lebar pile cap 4 meter dan pilar dengan tinggi 7,4 meter dengan lebar pile cap 5 meter. Adapun pondasi menggunakan pondasi dalam (tiang pancang) beton pejal dengan diameter 0,6 m dan kedalaman 17 m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Segmental I girder, Beton prategang, Statis tak tentu, Jembatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item