PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA TUTURAN PERCAKAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS VIII 2 DAN 3 DI SMPN 1 LINGSAR

Rohmani, Siti (2018) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA TUTURAN PERCAKAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS VIII 2 DAN 3 DI SMPN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.Skripsi.Siti Rohmani.E1C014055.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini tentang pelanggaran prinsip kerja sama tuturan percakapan yang terjadi dalam proses pembelajaran kelas VIII 2 dan 3 di SMPN 1 Lingsar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bentuk lingual pelanggaran prinsip kerja sama tuturan percakapan dalam proses pembelajaran kelas VIII 2 dan 3 di SMPN 1 Lingsar dan 2) mendeskripsikan jenis-jenis pelanggaran prinsip kerja sama tuturan percakapan dalam proses pembelajaran kelas VIII 2 dan 3 di SMPN 1 Lingsar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah wacana percakapan antara guru dan siswa, siswa dan guru, serta siswa dan siswa di kelas VIII 2 dan 3. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan percakapan antara guru dan siswa, siswa dan guru, serta siswa dan siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang dimulai dari kegiatan pendahuluan hingga akhir proses pembelajaran. Data diperoleh dengan metode simak. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Metode dan Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah metode informal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan, yakni percakapan yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama. Adapun jenis-jenis pelanggaran prinsip kerja sama ditemukan dalam bentuk lingual kalimat lengkap, tidak lengkap, dan majemuk, serta wacana. Kemudian diklasifikasikan lagi berdasarkan jenis-jenis pelanggaran prinsip kerja sama, yakni pelanggaran maksim kuantitas, kualitas, relevansi, dan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pragmatik, prinsip kerja sama, pelanggaran maksim.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:34
Last Modified: 07 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item