MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 1 BATUKLIANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI FISHBOWL

Yahya, Armazi (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 1 BATUKLIANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI FISHBOWL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
article.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian Tindak Kelas ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Batukliang yang rendah. Sumber-sumber permasalahan tersebut adalah (a) proses berbicara didalam kelas didominasi oleh guru (teacher-centered) dan beberapa siswa; (b) siswa memiliki kosa kata yang kurang pada isu yang dibicarakan; (c) siswa memiliki kesempatan yang sedikit untuk mempraktekkan berbicara. Guna meningkatkan kemampuan berbicara siswa, peneliti menerapkan “Strategi Fishbowl”. Ada tiga langkah utama dalam strategi ini: (i) pemahaman, dengan menyediakan teks atau bacaan sebagai alat untuk membantu siswa memahami isu atau topic yang dibicarakan sebelum mereka berdiskusi dalam fishbowl; (ii) diskusi, setelah siswa memahami dan menciptakan pandangan, opini, ide dan kepedulian terhadap isu, mereka dapat terlibat dalam diskusi fishbowl; dan (iii) komentar teman, setelah berdiskusi, siswa yang duduk dilingkaran luar memberikan komentar pada penampilan siswa yang didalam lingkaran fishbowl. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA 2 SMAN 1 Batukliang dihadiri oleh 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam 4 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran. Prosedur penelitian sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang berisi (i) perencanaan; (ii) tindakan dan obserbasi; dan (iii) analisis dan refleksi. Data yang dikumpulkan dengan observasi, wawancara, refleksi, dan nilai siswa dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari analisis, disimpulkan bahwa (i) penerapan strategi fishbowl dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Nilai rata-rata siklus I 60.13 dengan pencapaian indicator keberhasilan 32.35% siswa, dan siklus II 69.81 dengan target pencapaian indicator keberhasilan 79.41% siswa; (ii) penerapan strategi fishbowl memperoleh respon positif karena mampu menciptakan situasi baru bagi siswa; dan (iii) strategi fishbowl memberikan keuntungkan untuk guru dan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Meningkatkan, Kemampuan Berbicara, dan Strategi Fishbowl.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:34
Last Modified: 07 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item