THE CORRELATION BETWEEN GRAMMAR MASTERY AND THE ACCURACY OF THE LINGUISTIC FEATURES IN WRITING OF THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM OF FKIP AT MATARAM UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2014/2015

Novianti, Izza Ananda (2013) THE CORRELATION BETWEEN GRAMMAR MASTERY AND THE ACCURACY OF THE LINGUISTIC FEATURES IN WRITING OF THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM OF FKIP AT MATARAM UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Izza Ananda Novianti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan apakah ada korelasi antara penguasaan tata bahasa dengan ketepatan ciri-ciri kebahasaan pada tulisan siswa dan untuk mengetahui ragam teks yang cenderung sulit disusun oleh siswa. Sebelum melakukan penelitian ini, penulis mengamati dan berasumsi bahwa penguasan tata bahasa tidak berkorelasi dengan ketepatan ciri-ciri kebahasaan pada tulisan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 167 mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa yang diambil melalui teknik sampling kelas secara acak. Namun, 6 orang siswa tidak ikut serta karena masalah keuangan, sehingga hanya 36 orang siswa yang berperan sebagai subjek penelitian. Siswa diminta untuk menjawab dua jenis tes yang parallel, yaitu tes tata bahasa dan menulis. Pada tes tata bahasa, siswa diminta untuk memilih jawaban yang paling tepat untuk 25 soal, sedangkan pada tes menulis, mereka menulis dua jenis teks yaitu teks recount dan eksposisi. Setelah menganalisis dan mengkalkulasi data, ditemukan bahwa nilai koefisien korelasi (rxy) adalah .5775. Untuk menarik kesimpulan mengenai apakah penguasaan grammar siswa berhubungan dengan ketepatan ciri kebahasaan pada tulisan siswa, kemudian nilai rxy tersebut dibandingkan dengan nilai pada tabel-r pada tingkat kepercayaan .05 dan .01. Nilai tabel-r pada tingkat kepercayaan .05 adalah .3291 dan pada tingkat kepercayaan .01 sebesar .4238. Karena nilai rxy lebih tinggi dibandingan dengan nilai tabel-r pada kedua tingkat kepercayaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara penguasaan tata bahasa dengan ketepatan ciri kebahasaan pada tulisan siswa Semester III Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2014/2015. Selain itu hal ini menunjukkan bahwa teks recount cenderung lebih sulit untuk disusun oleh siswa daripada teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): korelasi, penguasaan tata bahasa, ketepatan, ciri-ciri kebahasaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:33
Last Modified: 07 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item