AMIRULLAH, AMIRULLAH (2014) THE ROLE OF SCHEMATA CONTENT IN TRANSLATION A Comparative Study at Second Grade of Senior High School of Madrasah 2 Mataram in Academic Year 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
journal compilation.pdf Download (392kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didesain sebagai studi perbandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kontribusi skemata konten terhadap penerjemahan siswa. Ada dua jenis teks yang akan diuji seperti teks ilmiah dan literatur. Kelompok sampel dari penelitian ini adalah kelas IPA unggulan I dan kelas XI Bahasa di MAN 2 Unggulan Mataram. Secara pragmatis, tidak ada pengajaran yang akan diberikan kepada siswa mengenai penerjemahan sebelum tes dilaksanakan karena tidak ada mata pelajaran penerjemahan pada level ini. Sehingga, datapenelitian diperoleh dari nilai tes menerjemahkan oleh siswa. Data tersebut dihitung menggunakan rumus ANOVA (analisa variansi) atau uji F (signifikan F). Berdasarkan distribusi F, hasil dari penghitungan ini menunjukkan bahwa nilai F (5.35) lebih besar dibandingkan dengan nilai pada taraf 0.05 (3.17) dan pada taraf 0.01 (5.01), karena nilai F lebih besar dari kedua nilai tersebut maka hipotesis Null pada taraf 0.05 ditolak begitupun pada taraf 0.01 juga ditolak dan hipotesis alternatif pun diterima pada kedua level tersebut. Kesimpulannya bahwa skemata konten mempengaruhi hasil penerjemahan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pengaruh, skemata konten, dan penerjemahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 01:32 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 01:32 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11577 |
Actions (login required)
View Item |