ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN USING GRAMMAR IN DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY AT EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 1 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015.

LIAMBO, EKA YUNITA (2014) ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN USING GRAMMAR IN DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY AT EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 1 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTICLE.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menggunakan tata bahasa dan masalah tata bahasa serta sumber masalah pada tata bahasa yang sering muncul dalam tulisan siswa pada teks deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Praya pada tahun akademik 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Praya, yang terdiri dari 324 siswa dan dibagi menjadi 10 kelas dengan sekitar 33 siswa pada setiap kelasnya. Kelas VIII-8 diambil sebagai sampel melalui teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Tes menulis diberikan untuk mengetahui kemampuan dan masalah tata bahasa dari siswa. Sementara itu, wawancara dilakukan untuk mengetahui sumber masalah dari tata bahasa. Data tersebut dianalisis berdasarkan enam aspek tata bahasa; Tenses, agreement, stucture, pronoun, preposition, dan word order. Hasilnya adalah bahwa kemampuan siswa ditunjukkan dalam skor rata-rata mereka 59,31 yang dikategorikan sebagai "jelek". Sementara itu, sebagian besar masalah pada tata bahasa yang dihadapi oleh siswa adalah penerapan agreement dan pronoun dimana mereka tidak dapat menggunakan kedua aspek secara benar. Berdasarkan hasil wawancara, masalah tata bahasa sebagian besar disebabkan oleh ketidaktahuan siswa pada aspek-aspek tata bahasa. Banyak dari mereka tidak pernah memperoleh penjelasan yang lebih rinci tentang aspek-aspek dasar tata bahasa dari guru mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan, tata bahasa, masalah pada tata bahasa, teks deskripti
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Jan 2019 00:19
Last Modified: 04 Jan 2019 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item