MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING SISWA KELAS IV SDN 03 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ASRI, ALFI AKMALIA (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING SISWA KELAS IV SDN 03 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNALKU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 03 Gunung sari masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan metode-metode serta minimnya penggunaan teknik pemebelajaran sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa juga merasa cepat bosan. Siswa cepat merasa bosan karena kesulitan dalam memahami arti kata-kata sulit yang ada dalam bahan bacaa. Jadi untuk memecahkan masalah ini digunakan teknik skimming dan scanning , karena teknik ini salah satu teknik yang paling tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik skimming dan scanning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data kemampuan siswa dalam membaca pemahaman diperoleh dari hasil belajar siswa dengan cara tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Masing-masing mempunyai nilai sebesar 69,69% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 23 siswa dari 33 siswa yang mengikuti tes evaluasi pada siklus I, dan 87,87% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 29 siswa dari 33 siswa yang mengikuti tes pada siklus II. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 03 Gunung Sari Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman, Teknik Skimming dan Scanning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jan 2019 00:18
Last Modified: 04 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item