USING PICTURES IN MINGLING TECHNIQUE TO SUPPORT STUDENTS’ SPEAKING ABIITY IN DESCRIBING THINGS: An Experimental Study at MTs. Darunnadwah Al-Yamini in Academic Year 2013/2014.

Efriani, Surnia (2014) USING PICTURES IN MINGLING TECHNIQUE TO SUPPORT STUDENTS’ SPEAKING ABIITY IN DESCRIBING THINGS: An Experimental Study at MTs. Darunnadwah Al-Yamini in Academic Year 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kontribusi dari penggunaan media gambar pada teknik mingle dalam pengajaran berbicara teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yakni two group design : kelompok eksperimental dan kelompok kontrol dimana setiap kelompok terdiri dari 22 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan sampling jenuh (semua populasi digunakan sebagai sampel). Pengambilan data dilakukan melalui pemberian pre-test, perlakuan (treatment), dan post-test. Kelompok eksperimental diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media gambar dalam teknik mingle. Sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran tidak menggunakan teknik tersebut. Untuk menghindari subjektivitas dalam penilaian, peneliti di bantu oleh intterrater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t lebih tinggi dari tabel-t, dimana hasilnya adalah 4.4>2.021 pada taraf signifikansi .05 (95%) dengan derajat kebebasan (df) 42. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang menyatakan bahwa tidak terdapat kontribusi yang signifikan dari penggunaan media gambar pada teknik mingle dalam pengajaran berbicara teks deskriptif ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan pada penggunaan media gambar dalam teknik mingle dalam pengajaran berbicara teks deskriptif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam teknik mingle memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa dalam teks deskriptif di MTs. Darunnadwah A-Yamini kelas VIII Praya Tengah pada tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pictures, Mingling Technique, Speaking, Descriptive text
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:32
Last Modified: 07 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item