“Analysis the Students’ Difficulties on Reading Descriptive Text; A Case Study at the Second Year Students of SMPN 2 Lingsar in Academic Year 2012/2013”

Imran, Imran (2014) “Analysis the Students’ Difficulties on Reading Descriptive Text; A Case Study at the Second Year Students of SMPN 2 Lingsar in Academic Year 2012/2013”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTICLE ANALYSIS OF THE ST..docx

Download (39kB)

Abstract

; Penelitian ini bertujuan untuk mencari kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca teks deskriptif. Isu yang diselidiki adalah apakah siswa menemukan kesulitan dalam membaca teks deskriptif dan faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif, penulis mengambil mengambil dua kelas dengan jumlah 74 siswa sebagai sampel. Peneliti mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan siswa dalam membaca teks deskriptif melalui tes pilihan ganda. Dalam kaitannya dengan menyatakan faktor yang menyebabkan berbagai kesulitan, peneliti menanyakan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan motivasi, kebiasaan belajar, ketersediaan sumber daya pelajaran dan pandangan mereka tentang membaca. Lagipula, untuk menyatukan interaksi siswa dan guru, peneliti melakukan observasi kelas. Penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata prestasi membaca siswa kelas adalah 42,2 %. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII di SMPN 2 Lingsar tahun akademik 2013/2014 masih kesulitan dalam membaca teks deskriptif. Setelah menganalisa hasil tes pilihan ganda, beberapa jenis-jenis kesulitan ditemukan seperti ketidak sediaan materi membaca, kesulitan dalam menartikan kata dan kalimat, ketidak mampuan untuk menyatukan gagasan dan sulit membedakan informasi penting dalam bacaan. Kesulitan ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti kurangnya motivasi, materi membaca dan fasilitas untuk melatih kemampuan mereka

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Reading, Difficulties, Comprehension, Descriptive Text
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:32
Last Modified: 07 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item