PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 SEDAU TAHUN AJARAN 2017/2018

HANDAYANI, HELIZA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 SEDAU TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 1 Sedau. Hal ini disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru dan belum menggunakan metode serta media yang bervariasi dalam pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 1 Sedau melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta evaluasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 63,33% dengan nilai rata-rata kelas 70,83 dan total skor aktivitas siswa 13,5 dengan kriteria cukup aktif. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan yang dianggap belum muncul sesuai sintak pembelajaran. Hasil belajar pada siklus II yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,67% dengan nilai rata-rata kelas 78,50 dan total skor aktivitas siswa diperoleh 18,9 dengan kriteria sangat aktif, karena indikator yang diharapkan sudah terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media audio visual efektif meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sedau tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), media audio visual, hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 14 Nov 2017 05:28
Last Modified: 14 Nov 2017 05:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item