The Use of “Beat the Keeper” Game in Reinforcing English Vocabulary: An Experimental Study at Seventh Grade Students of SMPN 13 Mataram in Academic Year 2014/2015

Lestari, Efri (2015) The Use of “Beat the Keeper” Game in Reinforcing English Vocabulary: An Experimental Study at Seventh Grade Students of SMPN 13 Mataram in Academic Year 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Efri Lestari.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu keefektifan permainan „Beat the Keeper‟ dalam menguatkan kosa kata bahasa inggris. SMPN 13 Mataram merupakan tempat pelaksanaan penelitian. Peneliti kemudian menggunakan metode eksperimen dengan dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dalam memilih sampel peneliti menggunakan tehnik cluster random sampling. Sampelnya adalah kelas VIIF (kelompok eksperimen) dan kelas VIIG (kelompok kontrol). Populasi dalam penelitian ini adalah 342 siswa. Setelah itu data dikumpulkan dengan menggunakan prosedur eksperimental yakni pre-test, perlakuan dan post-test. Siswa dari kelompok kontrol dan eksperimen diajarkan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 pada pertemuan kedua, ketiga, dan keempat. Hanya siswa dari kelompok eksperimen yang diperlakukan dengan permainan „Beat the Keeper‟ pada pertemuan kelima. Kemudian post test diberikan kepada siswa kelompok eksperimen pada pertemuan keenam, sedangkan siswa kelompok kontrol diberikan pada pertemuan kelima. Akhirnya t-test diterapkan untuk menganalisis data dari pre test dan post test. Hasilnya menunjukkan bahwa t-test (nilai) 3.94 lebih tinggi daripada t-table (nilai) baik pada confidence level .05 (1.990) dan .01 (2.639) pada degree of freedom (df) 83. Data ini mendukung pernyataan bahwa permainan „Beat the Keeper‟ memiliki efek signifikan dalam menguatkan kosakata siswa kelas VII of SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Kesimpulannya adalah permainan „Beat the Keeper‟ dianjurkan dalam menguatkan kosa kata bahasa inggris siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): permainan „Beat the Keeper‟, penguatan, kosa kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 09 Jan 2019 05:16
Last Modified: 09 Jan 2019 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item