Evaluasi Pendidikan Abad 21

Sahidu, Hairunnisyah and Gunawan, Gunawan (2019) Evaluasi Pendidikan Abad 21. Arga Puji Press, Mataram. ISBN 978-602-0756-22-6

[img]
Preview
Text
Ringkasan Evaluasi Pendidikan Abad 21_eprint unram.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 tahun 2006. Standar isi ini lebih menekankan pada proses pembelajaran yang didasarkan pada kompetensi tertentu yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk mengukur ketercapaian standar isi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap tingkat dan jenjang pendidikan maka diperlukan alat penilaian yang tepat. Penerapan konsep manajemen berbasis sekolah menuntut perubahan dalam tehnik dan prosedur pelaksanaan penilaian. Oleh karena itu pelaksanaan penilaian perlu dilakukan secara lebih komprehensif dengan memberdayakan guru. Sejalan dengan pemberdayaan kinerja guru penulis mencoba memaparkan sebagian kecil atau bagian –bagian yang sensial untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik untuk bidang fisika. Dalam kesempatan ini penulis menyusun bahan ajar yang berjudul evaluasi pembelajaran fisika. Buku ini terdiri dari sebelas (11) bab yang memberikan deskripsi lengkap tentang pelaksaan penilaian berdasarkan ketentuan terbaru dan menyesuaikan perkembangan pendidikan di abad 21. Setiap babnya berisi paparan lengkap mulai dari definisi penilaian secara umum dan khusus sampai membahas langkah-langkah membuat instrumen penilaian yang baik dan benar. Setiap bab juga berisi indikator-indikator yang dapat dijadikan panduan bagi pembaca untuk mengetahui informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Deskripsi yang diberikan telah dilengkapi dengan informasi-informasi terbaru baik dari literatur-literatur yang membahas tentang penilaian dan hasil-hasil penelitian yang terkait. Sehingga buku ini akan sangat membantu bagi pembaca yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian baik yang akan digunakan di dalam evaluasi pembelajaran di kelas dan/atau pengembangan instrumen yang akan digunakan dalam pengambilan data dalam sebuah penelitian. Sebelas bab dalam buku ini telah disusun berdasarkan urutan pengembangan evaluasi yang baik dan benar. Bab pertama berisi deskripsi umum tentang penilaian, yang terdiri dari defenisi penilaian, sistem penilaian dalam pembelajaran, jenis penilaian, tujuan penilaian, penilaian berbasis kompetensi dan metode penilaian. Bab ke dua memberikan gambaran penelitian-penelitian terbaru abad 21 yang membahas topik penilaian. Bab ke tiga memberikan informasi seputar penilaian berbasis elektronik/digital (e-assessment). Bab ke empat mendeskripsikan strategi awal dalam memulai merancang penilaian, seperti cara membuat kisi-kisi yang dibutuhkan dan cara mengembangkan perangkat penilaian. Bab ke lima berisi informasi tentang intrumen tes dan instrumen non tes. Bab selanjutnya adalah bab ke enam yang menjelaskan kepada pambaca kaedah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun instrumen penilaian. Bab ke tujuh mendeskripsikan tata cara pengolahan hasil tes, yang terdiri dari cara pemberian skor dan cara pengolahan skor. Bab ke delapan sampai ke sepuluh meberikan pembaca deskripsi tentang langkah menganalisis instrumen penilaian sampai teknik pelaporan hasil penilaian. Dan yang terakhir adalah bab ke sebelas yang merupakan penutup yang berisi kesimpulan tentang penilaian abad 21. Buku ini dapat digunakan oleh banyak kalangan yang aktif di dunia pendidikan sains. Para peneliti dapat menggunakan buku ini sebagai pedoman pengembangan instrumen data penelitian dengan topik yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan peneliti, karena buku ini menjelaskan secara lengkap langkah-langkah dalam mengembangkan satu set intrumen beserta analisisnya. Guru maupun dosen dapat menggunakan buku ini untuk mengembangkan soal-soal yang baik secara struktur metode dan isi, sehingga dapat memberikan penilaian yang baik terhadap keterlaksanaan pembelajaran di kelas. Mahasiswa juga dapat menggunakan buku ini untuk dapat menggali dan memahami konsep penilaian di abad 21 karena pemahaman yang baik tentang penilaian akan menghasilkan seseorang yang cakap dan tanggap dalam memilih dan mengembangkan penilaian yang baik dan benar. Akhirnya buku ini adalah sebuah paket informasi yang lengkap untuk memahami konsep penilaian yang sesuai dengan aturan dan keingingan pemerintah Indonesia serta perkembangan dunia pendidikan dan sains di abad 21. Penulis berharap buku ini dapat digunakan dengan baik bagi pihak-pihak yang membutuhkan informasi yang terdapat di dalam buku ini dan informasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan pembaca untuk mengembangkan intrumen penilaian yang baik dan benar.

Item Type: Book
Keywords (Kata Kunci): Evaluasi; Pendidikan Abad 21; Assessment
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:06
Last Modified: 12 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item