STUDENTS’ PERCEPTION ON WRITING SKILL (A SURVEY STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 15 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2014/2015)

PRADNYANI, IDA AYU KADE DESSY (2015) STUDENTS’ PERCEPTION ON WRITING SKILL (A SURVEY STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 15 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2014/2015). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
IDA AYU KADE DESSY PRADNYANI.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul "Persep Siswa Terhadap Keterampilan Menulis; Studi Survey pada siswa kelas 8 di SMPN 15 Mataram "bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam kemampuan menulis apakah baik atau buruk. Skor siswa dianalisis secara kualitatif. Pertama data dikumpulkan dengan cara siswa menjawab kuesioner (close-ended question) yang terdiri dari 20 pertanyaan dibagi menjadi dua bagian, yaitu aspek siswa dan guru. Kemudian siswa juga menjawab 3 jenis pertanyaan terbuka. Kedua, data juga diambil dari wawancara yang terdiri dari tiga pertanyaan yang bertujuan untuk memperkuat respon mereka terhadap kuesioner. Wawancara data terjadi setelah melihat dan mengamati hasil jawaban siswa yang sama, jumlah siswa yang diambil dalam setiap kelas terdiri dari 3 orang sehingga total siswa dalam wawancara adalah 9 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan jumlah persentase 55, 77% memilih "ya", dengan jumlah 5 jawaban (ya) dengan persentase diatas 50%. Itu berarti siswa memiliki persepsi buruk terhadap keterampilan menulis, hal tersebut juga karena jenis pertanyaan dalam aspek siswa bersifat negatif. Dalam aspek guru, siswa dengan total persentase 59,63% juga menjawab "ya" dan sebelas jawaban (ya) yang juga diatas 50%. Jadi dalam aspek guru dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik tentang keterampilan menulis karena jenis pertanyannya bersifat positif. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa, persepsi buruk terhadap kemampuan menulis disebabkan oleh siswa sendiri, di mana siswa tidak mengikuti pelajaran menulis dengan baik. Sementara persepsi yang baik pada keterampilan menulis muncul karena sebagai guru, ia telah memberikan dan memfasilitasi siswa dengan materi dan media yang sesuai untuk kegiatan menulis

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi Siswa, Menulis, Penelitian Survey
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:06
Last Modified: 12 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item