POLITENESS STRATEGY DURING THE TEACHING AND LEARNING ENGLISH BY SUMBAWANESE STUDENTS: A STUDY AT MA AL- MUTHMAINNAH SUMBAWA

Mubarak, Ikram (2015) POLITENESS STRATEGY DURING THE TEACHING AND LEARNING ENGLISH BY SUMBAWANESE STUDENTS: A STUDY AT MA AL- MUTHMAINNAH SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Ikram Mubarak.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi kesantunan apa saja yang digunakan oleh siswa yang berasal dari Sumbawa dan bagaimana mereka menerapkan strategi-strategi tersebut selama proses pembelajaran bahasa Inggris. Data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik observasi dan rekaman. Data tersebut secara berturut-turut diidentifikasi, dikelompokkan dan dijelaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari Sumbawa menerapkan empat jenis strategy kesantunan: bald on record, positive politeness, negative politeness, dan off record indirect. Bald on record diterapkan untuk menekankan pada komunikasi yang efisien, untuk menguntungkan pendengar tanpa pengorbanan yang berarti dan untuk menunjukkan superioritas terhadap lawan bicara. Siswa tersebut menggunakan positive politeness untuk menyatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang mempunyai tujuan dan nilai yang sama dan untuk menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan pendengar. Mereka menggunakan negative politeness untuk menunjukkan rasa malu dan untuk menghindari paksaan. Mereka juga mengkombinasikan strategi ini dengan positive politeness yang menandakan kedekatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesantunan, strategi kesantunan, sumbawanese
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:06
Last Modified: 12 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11671

Actions (login required)

View Item View Item