A POTRAIT OF THE DEAF-BLIND WOMAN IN REACHING HER BACHELOR DEGREE IN “BLACK” FILM DIRECTED BY SANJAY LEELA BHANSALI (A FREUDIAN PSYCHOLOGICAL STUDY)

SARI, BAIQ MEGAH FRISCA (2015) A POTRAIT OF THE DEAF-BLIND WOMAN IN REACHING HER BACHELOR DEGREE IN “BLACK” FILM DIRECTED BY SANJAY LEELA BHANSALI (A FREUDIAN PSYCHOLOGICAL STUDY). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
journal BAIQ MEGAH FRISCA SARI.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perwatakan Michelle McNally sebagai tokoh utama dalam film berjudul “BLACK” yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan analisa penelitian kualitatif. Didalam menganalisis data, penulis menggunakan pendekatan psikologi yang berfokus pada teori personaliti dari Sigmund Freud. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kesuksesan yang diraih oleh tokoh utama merupakan hasil dari kerjasama struktur personaliti yaitu; Id, Ego, dan Superego. Id mencakup hasrat, kebanggaan, keinginan, dan kebutuhan dari Michelle. Id menggambarkan seluruh mimpi-mimpi yang diikuti oleh rasa bangga terhadap dirinya sendiri. Pada elemen ini, Michelle membangun ambisi- ambisinya dalam dunianya yang terbatas. Sedangakan, Ego mencakup seluruh usaha dan aksi-aksi Michelle untuk mewujudkan impian-impiannya. Pada elemen ini, Michelle mencoba mewujudkan mimpi-mimpinya melalui usaha dan perjuangannya. Namun, elemen yang paling signifikan dalam kesuksesan Michelle ialah Superego. Superego mencakup seluruh motivasi dari kedua orangtua Michelle dan dari cara Guru Michelle membimbing dan mengajarnya. Kolaborasi dari ketiga struktur personaliti inilah yang membentuk personaliti dari tokoh utama menjadi sosok wanita penyandang buta tuli yang mandiri dan percaya diri. Selain itu, terdapat pula konsep aktualisasi diri didalamnya, dimana seluruh usaha dan perjuanagan Michelle merujuk kepada pengakuan orang lain terhadap Michelle. Michelle dengan sukses menunjukan keberadaannya dan pengaktualisasian dirinya kepada orang lain disekitarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Personaliti, Perjuangan, Buta-tuli, Pengakuan, Aktualisasi Diri.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:05
Last Modified: 12 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item