AN ANALYSIS OF SPEAKING PROBLEMS FACED BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM AT FKIP MATARAM UNIVERSITY THE ACADEMIC YEAR 2014/2015

HIDAYANTI, MISNUR (2015) AN ANALYSIS OF SPEAKING PROBLEMS FACED BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM AT FKIP MATARAM UNIVERSITY THE ACADEMIC YEAR 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL-MISNUR HIDAYANTI_E1D011047_BAHASA INGGRIS PAGI.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah-masalah berbicara yang dialami oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris dan solusinya. FKIP unram merupakan tempat yang telah dipilih untuk melaksanakan penelitian ini. Kemudian penulis menggunakanmetode penelitian kualitatif. Teknik pegumulan data yang digunakan ialah wawancara-mahasiswa laki-laki dan perempuan sebagai sasarannya. Teknik pengambilan sampelnya ialah secara acak antara mahaiswa tahun pertama regular pagi atau non regular (sore). Jumlah sampelnya ialah 13 mahasiswa. Penulisan, pengurangan, pemaparan dan pengambilan kesimpulan diaplikasikan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa ada banyak masalah yang dihadapi sehingga diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu masalah linguistik (ilmu bahasa), masalah psikologis (kejiwaan) dan masalah lingkungan sosial. Masalah linguistik terdiri dari kekurangan kosa kata, lemah penguasaan tata bahasa dan keliru dalam mengucapkan. Masalah psikologis terdiri dari takut membuat kesalahan, kurang percaya diri, malu, cemas dan kurang motivasi dalam menemukan strategi untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Masalah lingkungan sosial terdiri dari jarang praktik yang disebabkan karena kurangnya persiapan, sering menggunakan bahasa daerah dan bahasa inggris tidak menjadi bahasa komuikasi sehari-hari, riwayat pendidikan keluarga yang kurang mendukung dan jarang praktik dengan orang asing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): masalah berbicara dan tahun pertama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:05
Last Modified: 12 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11682

Actions (login required)

View Item View Item