IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL USING COOPERATIVE LEARNING - (THINK-PAIR-SHARE) MODEL AT CLASS X BAHASA SMAN 4 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. AN ARTICLE

PERJAKA, TUMBUH ARYA (2015) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL USING COOPERATIVE LEARNING - (THINK-PAIR-SHARE) MODEL AT CLASS X BAHASA SMAN 4 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. AN ARTICLE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
TUMBUH ARYA PERJAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan Cooperative Learning (Think-Pair-Share) model. Penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan siswa kelas X Bahasa di SMAN 4 Praya yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh menggunakan lembar pengamatan siswa dan nilai berbicara siswa yakni pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa TPS mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dalam setiap post-test. Dalam siklus pertama, nilai rata-rata akhir siswa adalah 57.83. Dimana 34.78 % siswa melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa menjadi 68.41 dengan persentasi siswa yang mencapai KKM adalah 69.5%. Pada siklus terakhir, nilai siswa meningkat dengan pesat. Sebanyak 86.95 % siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 75.07. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria kesuksesan tercapai. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa TPS dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Think-Pair-Share(TPS), kemampuan berbicara, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:43
Last Modified: 14 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item