Codeswitching by English Teachers in Classroom Instruction and Its Impact to Students: A Study at the Xth TKJ Class of SMKN 3 Mataram in Academic Year 2015/2016

KARWAYU, BAIQ ILDA (2016) Codeswitching by English Teachers in Classroom Instruction and Its Impact to Students: A Study at the Xth TKJ Class of SMKN 3 Mataram in Academic Year 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1D 011 013.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menemukan tipe-tipe alihkode yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam menginstruksi siswa di kelas, (2) untuk mengidentifikasi alasan guru melakukan alihkode, dan (3) untuk mengidentifikasi dampak dari alihkode tersebut terhadap siswa. Penelitian ini menjadikan kelas X TKJ dan para guru Bahasa Inggris di SMKN 3 Mataram sebagai objek, dan disampaikan dengan metode kualitatif deskriptif. Di dalam data akan ditemukan tipe-tipe alihkode sebagai berikut, Intrasentential Codeswitching, Intersentential Codeswitching, and Tag Codeswitching. Setelah data terkumpul, dipilah, dan dianalisis, ditemukanlah hasil (1) intrasentential codeswitching muncul sebanyak 50%, intersentential sebanyak 49%, dan tag codeswitching sebanyak 1%; (2) ada tiga alasan guru Bahasa Inggris dalam melakukan alihkode, sebanya 71.42% dikarenakan siswa tidak mengerti instruksi guru dalam bahasa inggris, 14.28% dikarenakan alihkode adalah metode kesukaan guru dalam mengajar, dan 14.28% dikarenakan guru harus mengatur kelasnya dari suasana tidak kondusif; (3) ada enam dampak yang terjadi akibat alihkode, yakni siswa lebih memahami instruksi guru dalam Bahasa Inggris, siswa belajar pelafalan lebih baik, siswa mampu mengurangi rasa gugupnya, Bahasa Inggris tidak lagi dianggap sebagai mata pelajaran yang mengerikan, dan guru membutuhkan waktu lebih lama untuk menejelaskan pelajaran melalui instrusi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): alihkode, belajar Bahasa Inggris, instruksi kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:43
Last Modified: 14 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item