STUDENTS’ WRITING STRATEGIES: A Case Study at the Second Grade of Senior High School at MA Nurul Islam in Academic Year 2015

LESTARI, AYU (2016) STUDENTS’ WRITING STRATEGIES: A Case Study at the Second Grade of Senior High School at MA Nurul Islam in Academic Year 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1D 011009.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa kelas 2 MA Nurul Islam dalam menulis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan kwalitatif dan kwantitatif. Kuisoner digunakan untuk mengumpulkan data dari seluruh siswa kelas 2 MA Nurul Islam. 3 dari 53 siswa tidak hadir dalam penelitian ini. Kuisoner tersebut berisi strategi seperti menggunakan kamus, menggunakan buku gramer, melakukan brainstorming (pemanasan), diskusi, menggunakan checklist (mendatar), dan menngunakan aturan yang sudah dipelajari dalam menulis. Dari strategi tersebut, yang paling populer adalah diskusi. Selain itu, guru mereka juga mengajarkan beberapa strategi dalam menulis seperti memaksa mereka menggunakan kamus, brainstorming (pemanasan) dan meminta mereka menggunakan buku grammar. Guru mereka juga memberikan respon pada tulisan mereka sepeti mengkoreksi kesalahan dan diskusi dengan siswa tentang kesalahan mereka. Strategi siswa tidak sesuai dengan masalah mereka dalam menulis. Itu disebabkan karena peranan guru yang kurang fokus dengan masalah mereka atau karena siswa tersebut tidak memahami/peduli terhadap strategi dalam menulis. Strategi yang dapat digunakan berhubungan dengan masalah mereka adalah seperti kekurangan kosa kata dengan kamus, bermasalah di tatabahas/strukturdengan menggunakan buku grammar, dan sulit mengembangkan ide dalam menulis dengan menggunakan brainstorming, draw-label-caption strategy or idea detail strategy.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi dalam Belajar, Menulis, Strategi dalam Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:28
Last Modified: 14 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item