THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT AT EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 11 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2015/2016.

BUDIMAN, JANUAR SAPTA (2016) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT AT EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 11 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JANUAR SAPTA BUDIMAN.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi signifikan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca murid dalam teks recount, dan untuk mengetahui seberapa jauh kontribusi dari penguasaan kosakata murid terhadap pemahaman membaca dalam teks recount. SMPN 11 Mataram merupakan sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian ini. Populasinya adalah 182 siswa kelas delapan. Dalam penentuan sample, kelas VIII C dijadikan sample dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Terdapat 31 jumlah siswa diantaranya 20 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Dalam penelitian ini digunakan Pearson Product Moment formula dan instrument vocabulary test dan reading test yang berisi 25 pertanyaan. Setelah data diperoleh dan dikumpulkan, nilai akhir dari test penguasaan kosakata dan pemahaman membaca siswa dikalkulasikan untuk mengetahui tingkatan siswa. Kemudian koefisien korelasinya dikalkulasi dengan menggunakan Pearson Product Moment. Hasil dari kalkulasi menunjukan bahwa nilai r-test (0.86) lebih tinggi daripada r-table (0.361) dengan jumlah responden 30 siswa pada tingkat signifikan 0.05 (r-test > r-table = 0.86 > 0.361 ). Untuk meyakinkan hasil dari penelitian ini, digunakan pula t- test. Hasilnya skor t-test (8.9) juga lebih tinggi daripada t-table (1.697). Sehingga null hipotesis (Ho) ditolak dan alternate hipotesis (Ha) diterima. Kesimplan dari penelitian ini adalah terdapat korelasi signifikan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca siswa dalam teks recount, dan berdasarkan hasil analisis pada skor akhir penguasaan kosakata dan pemahaman membaca, diperoleh kontribusi tinggi dalam penguasaan kosakata siswa terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks recount.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): korelasi, penguasaan kosakata, pemahaman membaca, teks recount
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:05
Last Modified: 15 Jan 2019 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item