THE EFFECT OF METACOGNITIVE STRATEGY ON IMPROVING TOEFL LISTENING PERFORMANCE OF SENIOR STUDENTS IN “NOON REGULAR” ENGLISH DEPARTMENT OF MATARAM UNIVERSITY

MADINA, KRIS AYU (2016) THE EFFECT OF METACOGNITIVE STRATEGY ON IMPROVING TOEFL LISTENING PERFORMANCE OF SENIOR STUDENTS IN “NOON REGULAR” ENGLISH DEPARTMENT OF MATARAM UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Artikel_Kris Ayu Madina.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh strategi Metakognotif dalam meningkatkan komprehensi TOEFL listening pada mahasiswa senior Program Studi Bahasa Inggris Reguler Sore, Universitas Mataram. Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penggunaan strategy Metakognitif dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan TOEFL listening siswa. Populasi penelitian ini adalah 146 mahasiswa semester tujuh dan sembilan dan sampelnya berjumlah 40 yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample purposive, dimana karakteristik sample yang dipilih adalah memiliki skor TOEFL minimal “400”. Kelompok eksperimen menerima kelas strategi metakognitive sebanyak 5 kali dengan menggunakan pendekatan Cognitive Academic Language Learning (CALLA). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan pre-tes dan pos-tes dengan soal TOEFL listening dan didukung oleh kuesioner Metacognitive Awareness Language Questionnaire (MLAQ). T-tes digunakan untuk untuk menganalisis data dan terbukti bahwa nilai total dari t-test (3.25) lebih tinggi dari pada tingkat kepercayaan 95% yaitu (2.021) dan 99% yaitu (2.074). Hasil kuesioner juga menunjukan bahwa strategi Metakognitif menfasilitasi siswa untuk menjadi lebih strategis, konstentrasi, percaya diri, dan dapat menilai proses dan hasil belajarnya masing-masing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi metakognitif dalam pengajaran TOEFL listening pada mahasiswa senior Program Studi Bahasa Inggris Regular Sore di Universitas Mataram dapat memberikan efek yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Metakognitif, TOEFL Listening, Mhasiswa Senior, Pendekatan Cognitive Academic Language Learning (CALLA), Kuesioner Metacognitive Awareness Language (MALQ).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:04
Last Modified: 15 Jan 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item