AN ANALYSIS OF MEDICAL SCIENCE STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THEIR NEEDS IN LEARNING ENGLISH IN UNIVERSITY OF MATARAM ACADEMIC YEAR 2015/2016

Mardianti, Nunung (2016) AN ANALYSIS OF MEDICAL SCIENCE STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THEIR NEEDS IN LEARNING ENGLISH IN UNIVERSITY OF MATARAM ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Nunung Mardianti.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bejudul “Analisis Persepsi Mahasiswa Kedokteran Terhadap Kebutuhan Mereka dalam Belajar Bahasa Inggris di Universitas Mataram Tahun Akademik 2015-2016” bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, keinginan dan kekurangan mahasiswa kedokteran dalam belajar Bahasa Inggris dan persepsi mereka terhadap program Bahasa Inggris dalam memenuhi keinginan mereka dalam belajar Bahasa Inggris. Peneltian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah sampel populasi (semua populasi terlibat sebagai sampel; 81 mahasiswa). Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari pertanyaan yang berkaitan dengan informasi demografis, kebutuhan, keinginan, kekurang dan persepsi mahasiswa kedokteran terhadap program Bahasa Inggris dalam memenuhi keinginan siswa. Sementara itu, wawancara semi-terstruktur digunakan untuk memperkuat data dari kuesioner. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan mahasiswa kedokteran adalah belajar Bahasa Inggris untuk digunakan dalam karir masa depan mereka. Selanjutnya, sebagian besar siswa ingin bisa membaca jurnal medis dan artikel di akhir pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, terungkap bahwa sebagian besar dari mereka kurang dalam kemampuan berbicara dan kosakata kedokteran dalam Bahasa Inggris. Dalam hal persepsi siswa, ditemukan bahwa mahasiswa kedokteran menganggap program Bahasa Inggris telah memenuhi keinginan mereka karena mereka diberikan beberapa strategi untuk membaca jurnal medis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi siswa, Kebutuhan Mahasiwa Kedokteran, Analisis Kebutuhan, Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:53
Last Modified: 15 Jan 2019 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item