IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH JIGSAW: A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT XI IPS 1 OF SMAN 6 MATARAM ACADEMIC YEAR 2015/2016

ZIADI, RIZAL (2016) IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH JIGSAW: A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT XI IPS 1 OF SMAN 6 MATARAM ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
RIZAL ZIADI - article.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca komperhensif siswa melalui penerapan jigsaw di kelas XI IPS 1 SMAN 6 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 paa materi hortatory exposition. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dimana setiap siklusnya ilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Pada penelitian ini diterapkan Cooperative Learning model Jigsaw. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis prestasi belajar siswa terjadi peningkaan presentase siswa yang mencapai nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75, dari hanya 1 orang (2,38%) pada pre test menjadi 7 orang siswa (16,6%) pada siklus I dan meningkat secara signifikan menjadi 36 orang (83,33%) pada siklus II. Selain itu, rata-rata nilai kelas meningkat dari 31,14 pada pre test menjadi 55, 58 pada siklus I dan akhirnya pada siklus II mencapai angka 82,2. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Cooperative Learning model Jigsaw Model pda pembelajaran hortatory exposition dapat meningkatkan kemampuan membaca komperhensif siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Mataram ahun pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): membaca, komperhensif, cooperative learning, jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:53
Last Modified: 15 Jan 2019 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item