A STYLISTIC ANALYSIS ON POLITICAL SPEECH OF THE AMERICAN PRESIDENT CANDIDATES: A STUDY ON DONALD TRUMP’S AND HILLARY CLINTON’S SPEECHES

ASTUTI, YULIA (2017) A STYLISTIC ANALYSIS ON POLITICAL SPEECH OF THE AMERICAN PRESIDENT CANDIDATES: A STUDY ON DONALD TRUMP’S AND HILLARY CLINTON’S SPEECHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis jenis-jenis gaya bahasa dalam bahasa politik yang ditemukan pada beberapa pidato calon presiden Amerika Serikat; Donald Trump dan Hillary Clinton. Elemen-elemen gaya bahasa yang diadopsi disesuaikan dengan apa yang diusulkan oleh V.E Omozuwa dan E.U.C Ezejediaku (2007) dimana ada dua fitur utama gaya bahasa yang digunakan oleh politisi, yaitu propaganda dan retorik. Kedua gaya bahasa tersebut dibagi lagi menjadi 13 elemen gaya bahasa yang berbeda. 5 elemen diantaranya menjadi bagian dari propaganda dan 8 elemen sisanya termasuk kedalam jenis retorik. Selain ketiga belas jenis gaya bahasa tersebut, penelitian ini juga menganalisa fitur tambahan yang sangat penting dalam wacana politik, yaitu personal pronoun. Ada 4 jenis personal pronoun yang akan dianalisis, termasuk diantaranya I, You, We, dan They. Selanjutnya, jenis-jenis gaya bahasa tersebut diteliti dalam 6 pidato kampanye terpilih milik calon presiden Amerika dengan menggunakan metode kualitatif. Lebih spesifiknya, data tersebut dianalisis menggunakan model analisis tiga dimensi yang dikemukakan oleh Norman Fairclough dengan melibatkan proses pendeskripsian, penafsiran dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hillary Clinton menggunakan fitur gaya bahasa yang lebih bervariasi dibandingkan dengan Donald Trump. Akan tetapi, frekuensi kemunculan fitur gaya bahasa dalam pidato-pidato Donald Trump lebih tinggi dibandingkan dengan yang ditemukan pada pidato-pidato Hillary Clinton. selain itu, Trump menggunakan lebih banyak pronoun I, You, dan They dibandingkan lawannya. Secara berturut-turut, I dan We merupakan pronoun yang paling sering muncul dalam pidato-pidato Trump dan Hillary.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): fitur-fitur gaya bahasa, propaganda, retorik, personal pronoun, pidato
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11760

Actions (login required)

View Item View Item