MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS

DESTIA RIANI DESTIA RIANI DESTIA RIANI, DESTIA RIANI DESTIA RIANI DESTIA RIANI (2017) MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS MIXED LANGUAGE AND IDENTITIES IN NORTH AMPENAN AT KAMPUNG TELAGAMAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
DESTIA RIANI.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tentang etnografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mencari tahu tentang bahasa campuran, faktor-faktor yang menentukan bahasa campuran dan fungsi dari bahasa campuran. Tulisan atau kajian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan metode kualitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 380 orang. Akan tetapi, peneliti disini hanya menggunakan 40 responden sebagai sampel dari penelitian ini. Pemilihan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rentang usia dan yang hanya merupakan penduduk asli dari daerah yang akan di teliti. Untuk mengumpulkan data, peneliti disini menggunakan 3 instrumen, yaitu rekaman, kuesioner, dan interview/wawancara. Data di analasis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 bentuk-bentuk bahasa yang digunakan oleh masyarakat yang di teliti disini, yaitu bahasa campuran, bahasa Indonesia, bahasa sasak, bahasa arab dan bahasa cina. Selain itu, faktor-faktor yang menentukan bahasa campuran yang di gunakan yaitu sebagai berikut : topik, partisipan, tempat. Selanjutnya, ada 7 fungsi dari penggunaan bahasa campuran, yaitu relasi (hubungan antar pemakai bahasa), kebiasaan, masyarakat, ungkapan kebahagiaan, minat, profesi (pekerjaan) dan bahasa keturunan. Berdasarkan hasil temuan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa bahasa campuran dan identitas dari pemakai bahasa mempengaruhi gaya komunikasi di daerah Ampenan Utara tepatnya di Kampung Telagamas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bahasa campuran, identitas, komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item