THE USE OF MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT CLASS XI IPA OF SMAN 6 MATARAM

AMALIA, FITRIANA (2017) THE USE OF MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT CLASS XI IPA OF SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
FITRIANA AMALIA.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pada teknik pemetaan pikiran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan di SMAN 6 Mataram. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang terdiri dari 39 dan 40 siswa, metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling technique. Data dianalisis dengan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan metode ini untuk memecahkan masalah siswa seperti kurang motivasi, takut melakukan kesalahan dan sulit untuk mengatakan sesuatu. Dalam mengumpulkan data, tiga jenis instrumen digunakan, yaitu pre-test, treatment dan post-test. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil t-tabel adalah 1,71, nilai yang lebih tinggi dari nilai t-test pada uji homogenitas 1,03 pada pre-test dan 0,48 pada post-test. Hasil uji normalitas kelompok eksperimen pada pre-test adalah 2, 87, kemudian menjadi 7,22 setelah menerima perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa, kemampuan berbicara meningkat 4,35. Sedangkan hasil uji normalitas kelompok kontrol pada pre-test adalah 3,23, kemudian menjadi 4,76 tanpa perlakuan. Kesimpulannya, teknik pemetaan pikiran secara signifikan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas XI IPA SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbicara, Faktor dan Masalah Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item