THE COMMON ENGLISH GRAMMATICAL ERRORS IN SPEAKING MADE BY STUDENTS (A Descriptive Study at Sixth Semester Non-Regular Class Students of English Department FKIP University of Mataram in Academic Year 2017)

Rismawansyah, Abdul (2017) THE COMMON ENGLISH GRAMMATICAL ERRORS IN SPEAKING MADE BY STUDENTS (A Descriptive Study at Sixth Semester Non-Regular Class Students of English Department FKIP University of Mataram in Academic Year 2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL - The Common English Grammatical Errors in speaking Made by Students.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kesalahan-kesalahan (errors) tata Bahasa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam berbicara di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) universitas Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan qualitatif, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendekripsikan kesalahan-kesalahan tata bahasa Inggris yang dilakukan oleh mahasiswa dalam interaksi lisannya. Sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari 111 mahasiswa kelas non-reguler semester enam, atau 22 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik judgemental sampling. Interaksi lisan yang dilakukan oleh mahasiswa telah diobservasi menggunakan rekaman video untuk mendapatkan fenomena terbaru yang otentik yang sedang berlangsung pada mahasiswa. Analisa error pada interaksi lisan yang dilakukan oleh mahasiswa menunjukkan bahwa empat jenis kesalahan tata bahasa inggris yang dilakukan oleh mahasiswa adalah omission, addition, misformation, and misordering. Jenis error paling sering dilakukan oleh mahasiswa adalah jenis misformation terhitung sebanyak 39.61% dari total kesalahan tata bahasa Inggris yang ditemukan, diikuti oleh jenis omission dan addition, sedangkan miordering adalah jenis error yang paling sedikit dilakukan. Kesalahan-kesalahan umum tersebut dipengaruhi oleh interlingual dan intralingual transfer.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesalahan tata bahasa Inggris, interaksi lisan, berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item