HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khaerunnisa, Nani (2017) HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI 1 BURNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kinerja Guru, Gambaran Prestasi Belajar Siswa dan Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini didasari dari permasalahan bahwa diduga kinerja guru berkaitan dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi yang menggunakan metode penelitian ex post facto. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product Moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara Proportional Random Sampling pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kinerja guru adalah 20 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 79 (cukup tinggi). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r ) antara variabel kinerja guru dan prestasi belajar siswa adalah 0,602 pada taraf signifikansi 5% dengan rhitung > rtabel (0,602 > 0,254) yang berarti bahwa variabel kinerja guru dan variabel prestasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2017 00:11
Last Modified: 27 Nov 2017 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item