THE FIRST YEAR STUDENTS’ READING DIFFICULTIES: A Case Study in English Subject at TPB Program of Mataram University in Academic Year 2016-2017

Fazira, Era (2017) THE FIRST YEAR STUDENTS’ READING DIFFICULTIES: A Case Study in English Subject at TPB Program of Mataram University in Academic Year 2016-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL 3 dan 1.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Tuuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu kemampuan mahasiswa TPB dalam tes membaca dan mengidentifikasi kesuliatan apa saja yang dihadapi dalam menjawab pertanyaan di tes membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data diambil dari 470 lembar jawaban mahasiswa dalam ujian tengah semester. Data analisis menggunakan kolom klasifikasi dari Philips (2002) dan aplikasi Microsoft Excel. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam tes membaca dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang tidak mencapai nilai rata-rata kelulusan adalah 378 mahasiswa (80%) dimana jumlah ini lebih tinggi dari pada jumlah siswa yang melampaui nilai rata-rata kelulusan yakni 92 mahasiswa (20%). Hanya 3 mahasiswa yang memperoleh nilai A (nilai ≥ 80), 44 mahasiswa mendapat nilai B (65 - < 80), 45 mahasiswa mendapat C (56 - < 65), 114 mahasiswa mendapat nilai D (46 - < 56), dan 246 mahasiswa lainnya mendapat nilai E (score < 46). Rangking kesulitan dapat dilihat dari rerata persentase jawaban salah berdasarkan tipe pertanyaan, jenis pertanyaan implied question dengan persentase 68% dari jumlah mahasiswa yang tidak menjawab jenis pertanyaan ini dengan benar. Posisi kedua dan ketiga adalah jenis pertanyaan synonym questions dengan persentase 59% dan unstated detail questions dengan jumlah persentase 55%. Sementara jenis pertanyaan stated detail questions dan main idea questions memperoleh jumlah persentase yang sama yakni 46% mahasiswa yang salah dalam menjawab tipe pertanyaan tersebut, dan persentase terendah adalah jenis pertanyaan author’s purpose questions dengan jumlah persentase 32%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, kesulitan, tes membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:48
Last Modified: 17 Jan 2019 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item