THE EFFECT OF USING VIDEO SUBTITTLING TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULLARY: An Experimental Study at Second Grade of SMPN 5 Mataram in Academic Year 2016/2017

MELANDARI, BAIQ TYA (2017) THE EFFECT OF USING VIDEO SUBTITTLING TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULLARY: An Experimental Study at Second Grade of SMPN 5 Mataram in Academic Year 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL TYA 15 juli.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penguasaan kosakata sangat penting karena membantu siswa menangkap informasi yang disampaikan dalam proses belajar bahasa Inggris. Tanpa pengetahuan kosa kata, siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. Kosakata adalah dasar untuk membangun bahasa, yang memainkan peran mendasar dalam belajar. Tetapi siswa sering mengeluh tentang arti kata-kata tersebut, dan bagaimana cara mengucapkan kata-kata itu.Siswa juga selalu mengalami kesulitan untuk memperbaiki kosakata mereka. Oleh karena itu, siswa membutuhkan media saat belajar kosa kata karena media merupakan salah satu fasilitas yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakatanya. Penelitian ini berfokus pada efek menggunakan video dengan terjemahan dalam pengajaran kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dalam meningkatkan penguasaan kosa kata dalam bentuk teks naratif.Studi ini diambil dari hasil paska ujian siswa kelas VIII di SMPN 5 MataramTahun Akademik 2016/2017. Data dianalisis dengan menghitung T-test (pengujian hipotesis). Data post-test menunjukkan tingkat signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) adalah 58 dan T-table = 2.0017, kemudian T-test (2,89)> T-tabel (2.0017 dan 2.6633). T-test lebih besar dari T-table, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) dimana penggunaan subtitle video tidak efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas VIII SMPN 5 tahun akademik Mataram 2016/2017 ditolak. Dan hasilnya sebagai alternatif hipotesis (Ha) menyatakan penggunaan video subtilte efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas VIII SMPN 5 tahun akademik Mataram 2016/2017 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penguasaan Kosakata, Efektivitas, Media (Video)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jan 2019 01:08
Last Modified: 21 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item