THE EFFECT OF USING TPS (THINK-PAIR-SHARE) TOWARDS STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT: AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE 2nd GRADE STUDENTS OF MA USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIQ DAREQ KEC. BATUKLIANG LOTENG IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

AINI, NURUL (2017) THE EFFECT OF USING TPS (THINK-PAIR-SHARE) TOWARDS STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT: AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE 2nd GRADE STUDENTS OF MA USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIQ DAREQ KEC. BATUKLIANG LOTENG IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode TPS efektif atau tidak didalam mengajar writing teks analytical exposition. Studi ini merupakan studi experimen dengan menggunakan dua grup pretest dan posttest. Populasi dari studi ini terdiri dari 76 siswa kelas 2 MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu; kelas IPS yang berjumlah 25 siswa, kelas IPA yang berjumlah 25 siswa, dan kelas PAI yang berjumlah 26 siswa. Sampel dari studi ini berjumlah 50 siswa yang ditentukan dengan menerapkan teknik simple random sampling dengan cara diundi. Terdapat dua grup dalam studi ini yaitu grup eksperimen dan grup kontrol dimana grup eksperimen diberikan treatment dengan menerapkan metode TPS sedangkan grup kontrol tidak diberikan treatment dengan TPS. Setelah menghitung dan menganalisis data, nilai t-test adalah 6.033. Nilai tersebut lebih tinggi dari nilai t-table baik pada level confidence .05 (95%) sama dengan 2.406 dan pada level of convidence .01 (99%) sama dengan 2.406 pada df (degree of freedom) 48. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TPS efektif didalam meningkatkan nilai siswa dalam menulis teks berbentuk analytical exposition pada kelas 2 MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): efek, TPS (think-pair-share), perolehan nilai, menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jan 2019 01:08
Last Modified: 21 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item