TRANSLATION METHODS AND PROCEDURES USED BY LISTIANA SRISANTI AND NINA ANDIANA IN TRANSLATING “THE TALES OF BEEDLE THE BARD” INTO KISAH-KISAH BEEDLE SI JURU CERITA

PRASASTI, BUNGA DAMAI (2017) TRANSLATION METHODS AND PROCEDURES USED BY LISTIANA SRISANTI AND NINA ANDIANA IN TRANSLATING “THE TALES OF BEEDLE THE BARD” INTO KISAH-KISAH BEEDLE SI JURU CERITA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL_BUNGADAMAIP_E1D013010_BAHASA INGGRIS REGULER PAGI.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metode-metode penerjemahan yang digunakan penerjemah dalam menerjemahkan The Tales of Beedle the Bard menjadi Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita, dan (2) mendeskripsikan metode- prosedur penerjemahan yang digunakan penerjemah dalam menerjemahkan The Tales of Beedle the Bard menjadi Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah buku kumpulan cerita pendek The Tales of Beedle the Bard oleh J.K Rowling, yang ditulis dalam Bahasa Inggris, sebagai Bahasa Sumber, dan terjemahannya berjudul Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita dalam Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Target. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis metode dan prosedur penerjemahan yang digunakan penerjemah dalam mempertahankan suasana dunia sihir pada kisah-kisah dalam buku tersebut. Identifikasi konten berdasarkan teori metode dan prosedur penerjemahan Newmark (1988) digunakan dalam mengumpulkan data. Hasilnya, ditemukan bahwa metode semantic translation mendominasi (55%), kemudian literal translation (35.5%), dan communicative translation (9%). Sementara prosedur penerjemahan yang digunakan oleh penerjemah adalah modulation modulation (21%), expansion (17.8%), reduction (14.7%), cultural Equivalent (13.6%), shifts or transpositions (12.5%), synonymy (6.3%), couplets (6.3%), transference (5.2%), naturalization (1%), through translation (1%), and descriptive equivalent (1%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode penerjemahan, prosedur penerjemahan, penerjemahan sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jan 2019 01:07
Last Modified: 21 Jan 2019 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item