A STUDY ON TURN-TAKING PATTERNS OF TEACHER AND STUDENT INTERACTIONS IN ENGLISH CLASSROOM AT CLASS VIII E IN THE FIRST SEMESTER OF SMPN 12 MATARAM ACADEMIC YEAR 2016/2017

Sintiani, Rizkia Maya (2017) A STUDY ON TURN-TAKING PATTERNS OF TEACHER AND STUDENT INTERACTIONS IN ENGLISH CLASSROOM AT CLASS VIII E IN THE FIRST SEMESTER OF SMPN 12 MATARAM ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Rizkia Maya Sintiani.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan pertukaran komunikasi (adjacency pairs) antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan pola turn-taking yang digunakan oleh guru dan siswa didalam interaksi kelas. Lokasi penelitian di SMPN 12 Mataram yang melibatkan kelas VIII E. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan observasi, merekam, dan mencatat kejadian yang berlangsung. Analisis data melalui transkrip rekaman, pembagian data, penjabaran data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan berdasarkan teori adjacency pairs dari (Kim, Ko and Seo, 2012) dan Schegloff (1978) antara lain penggunaan greeting-greeting, check-clarification, question-answer, apology-acceptance, compliment-thanks, opinion-agreement, accusation-denial, offer-acceptance, assertion- acknowledgment, request-acceptance, and instruction-compliance. Hasil penelitian ini menunjukkan guru dan siswa menggunakan pola turn-taking dalam berinteraksi didalam kelas. Jumlah total turn-taking pada pertemuan pertama yaitu pola greeting-greeting terdiri dari 1 kali, check-clarification 23 kali, question-answer 51 kali, request-acceptance 5 kali, dan instruction-compliance 76 kali penggunaan. Pertemuan kedua juga terdiri dari greeting-greeting 6 kali, check-clarification 32 kali, question-answer 59 kali, request-acceptance 16 kali, and instruction-compliance 65 kali penggunaan. Dengan demikian, hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa turn-taking yang digumakan oleh guru dan siswa terdiri dari greeting-greeting, check-clarification, question- answer, request-acceptance, dan instruction-compliance. Pola turn-taking yang dominan digunakan adalah instruction-compliance yaitu guru lebih dominan dalam berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola turn-taking, Adjacency pairs, Interaksi kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 00:36
Last Modified: 22 Jan 2019 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11826

Actions (login required)

View Item View Item