AN ANALYSIS OF STUDENTS’ GRAMMATICAL ERROR IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: A descriptive study on the eleventh grade students at SMA Negeri 4 Praya in the academic year of 2017/2018

Sanjaya, Ali (2017) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ GRAMMATICAL ERROR IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: A descriptive study on the eleventh grade students at SMA Negeri 4 Praya in the academic year of 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
A Journal by Ali S..pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan (1) apa jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa-siswa dalam menulis teks deskriptif, dan (2) manakah jenis kesalahan yang paling sering dibuat oleh siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan klasifikasi kesalahan berdasarkan teori Corder (1982); error of omission, error of addition, error of misformation, and error of misordering. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Total populasi dari penelitian ini berjumlah 338 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Praya tahun ajaran 2017/2018 yang dibagi dalam 10 kelas. Tekhnik purposif sampel digunakan dalam penelitian ini, dimana kelas XI IPA 4 dipilih sebagai sampel yang terdiri dari 34 orang siswa. Tes menulis digunakan sebagai instrumen penelitian dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membuat 239 atau 53% kesalahan dalam bentuk kata, 124 atau 28% kesalahan dalam penghilangan kata, 61 atau 14% kesalahan dalam penambahan kata, 24 atau 5% kesalahan dalam urutan kata. Jenis kesalahan yang paling dominan ialah kesalahan dalam bentuk kata. Siswa-siswa membuat 239 atau 53% kesalahan dari 448 jumlah total kesalahan dalam menulis teks deskriptif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesalahan, Analisis Kesalahan, Menulis, Teks Deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 00:27
Last Modified: 22 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item