PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP TINGKAH LAKU BERPRESTASI SISWA KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WAHYULANDARI, YUNITA EKA (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP TINGKAH LAKU BERPRESTASI SISWA KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap tingkah laku berprestasi siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dengan jumlah 27 siswa, merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menerapkan penguatan verbal, dan kelas VB dengan jumlah 28 siswa, merupakan kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa menerapkan penguatan verbal. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan jumlah 32 butir dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan penguatan verbal. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok, diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 0,072 dan ttabel = 2,007 pada taraf signifikansi 5% dan db = 27+28-2=53, karena thitung ≤ ttabel maka, Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap tingkah laku berprestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata selisih posttest-pretest kelas eksperimen sebesar 5,33 sedangkan rata-rata selisih posttest-pretest kelas kontrol sebesar 5,28. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkah laku berprestasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap tingkah laku berprestasi siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemberian Penguatan Verbal, Tingkah Laku Berprestasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:53
Last Modified: 22 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11871

Actions (login required)

View Item View Item