MAKNA KONOTASI DALAM TEKS SLOGAN PEMILIHAN CALON GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2018: KAJIAN PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

HAYATI, NUR (2018) MAKNA KONOTASI DALAM TEKS SLOGAN PEMILIHAN CALON GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2018: KAJIAN PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.fix.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimankah bentuk lingual pada teks slogan pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2018, (2) bagaimanakah makna denotasi dan konotasi yang terdapat pada teks slogan pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lingual dalam teks slogan pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat, untuk mendeskripsikan makna denotasi dan konotasi dalam teks slogan pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat tahun 2018 .Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentsi dan metode simak dengan teknik catat. Metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual yang digunakan sebagai metode analsisis data. Selanjutnya penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Dalam penelitian ini ditemukannya penanda dan petanda dalam slogan yang berjumlah Sembilan kandidat pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat tahun 2018, data yang dianalissi kemudian ditentukanya teks yang mengandung teks slogan dan teks slogan dianalisis berdasarkan pemaknaan dengan teori semiotika Roland Barthes tentang makna denotasi dan konotasi berdasarkan satuan lingual yang berupa kata, frase, klausa, dan kalimat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Slogan, Makna Denotasi dan Konotasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:53
Last Modified: 22 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item