KERAGAMAN DAN KORELASI SIFAT BEBERAPA POPULASI JAGUNG KETAN KULTIVAR LOKAL BIMA HASIL SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN DIVERSITY AND CORRELATION OF THE CHARACTERS OF SEVERAL CORN POPULATION OF STICKY RICE LOCAL CULTIVARS OF MASS SELECTION OF WITH POLLINATION CONTROL

Karlinangsih, Feni (2018) KERAGAMAN DAN KORELASI SIFAT BEBERAPA POPULASI JAGUNG KETAN KULTIVAR LOKAL BIMA HASIL SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN DIVERSITY AND CORRELATION OF THE CHARACTERS OF SEVERAL CORN POPULATION OF STICKY RICE LOCAL CULTIVARS OF MASS SELECTION OF WITH POLLINATION CONTROL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH - Feni Karlinangsih (C1M014058).pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dan korelasi sifat beberapa populasi jagung ketan kultivar lokal Bima hasil seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2018 di lahan Percobaan Universitas Mataram di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 10 perlakuan yaitu C0, C1, C2, C3, C4, C5, C6, C7, C8, VU Anoman-1 (kontrol) dan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 30 unit percobaan. Data yang diamati meliputi umur keluar bunga jantan, umur keluar bunga betina, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol panen per tanaman, bobot biji kering pipil per plot, bobot 1000 biji, dan bobot biji kering pipil per tongkol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ANOVA dan diuji dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%, disamping itu dilakukan perhitungan nilai varian genotipe, varian fenotipe, heritabilitas, koefisien keragaman genotipe, dan analisis koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Populasi tanaman jagung ketan kultivar lokal Bima menunjukkan keragaman yang tinggi terutama pada bobot biji kering pipil per plot. Koefisien korelasi antar sifat menunjukkan hasil yang positif nyata antara yang satu dengan yang lainnya. Populasi tanaman jagung memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada umur keluar bunga jantan, umur keluar bunga betina, jumlah daun, diameter tongkol, bobot tongkol kering panen per tanaman, bobot biji kering pipil per plot, bobot 1000 biji dan bobot biji kering pipil / tongkol. Sedangkan pada tinggi tanaman, diameter batang, dan panjang tongkol memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keragaman, korelasi, jagung, seleksi massa dan penyerbukan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:40
Last Modified: 23 Jan 2019 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item