PENGARUH POLA INTERAKSI ORANG TUA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019

Riswati, Riswati (2018) PENGARUH POLA INTERAKSI ORANG TUA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI RISWATI.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola interaksi orang tua terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan Cakranegara tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalahEx-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitan yang digunakan adalah Causal Comparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di gugus IV kecamatan Cakranegara yang berjumlah 1.550 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling pada siswa sekolah dasar kelas IV-VI di gugus IV kecamatan Cakranegara. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar adalah 13,26 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 79,49. Pola interaksi orang tua yang dominan adalah pola interaksi kerja sama dengan persentase 32,97%.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dengan manova satu jalur untuk menjawab hipotesis pertama dan anova satu jalur untuk menjawab hipotesis kedua dan ketiga. Hasil analisis data dengan manova satu jalur untuk menjawab hipotesis pertama menghasilkan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pola interaksi orang tua terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan Cakranegara. Analisis data dengan menggunakan anova satu jalur untuk menjawab hipotesis kedua menghasilkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh pola interaksi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan Cakranegara. Serta nilai sig. 0,000 < 0,05 pada hipotesis ketiga yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pola interaksi orang tua terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan Cakranegara tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Interaksi Orang Tua, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item