PERJANJIAN BAGI HASIL TANAH PERTANIAN MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1960 DAN HUKUM ADAT (STUDI DI DESA PERIAN KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR)

PZI, SURYATUL (2018) PERJANJIAN BAGI HASIL TANAH PERTANIAN MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1960 DAN HUKUM ADAT (STUDI DI DESA PERIAN KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal hipzi.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pejanjian bagi hasil tanah pertanian di desa perian kecamatan montong gading lombok timur, bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan serta Pembagian Imbangan Bagi Hasil Tanah Pertanian menurut Undang-Undang No. 2 tahun 1960 dan Hukum Adat di desa perian. Jenis penelitian ini adalah normatif empiris yaitu mengacu pada peraturan perundang- undangan dan melihat bagaimana pelaksanaannya di lapangan. Dari hasil penelitian dapat diketahui Perjanjian bagi hasil tanah pertanian yang dilakukan di desa Perian ini masih menggunakan hukum adat setempat, karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat melakukan perjanjian ini dengan lisan saja atau tidak tertulis hanya berdasarkan atas dasar saling percaya saja. Dalam hal ini diketahui bahwa salah satu faktor utamanya adalah karena faktor tolong menolong dan rasa kekeluargaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian Bagi Hasil, Tanah Pertanian, Hukum Adat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item