IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN LANGKAH-LANGKAH PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NINGRUM, SOFIANY NAWANG (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN LANGKAH-LANGKAH PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan langkah-langkah perbaikan yang dilakukan oleh guru kelas V SDN gugus I Kecamatan Lingsar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus I Kecamatan Lingsar yang berkesulitan belajar pada mata pelajaran IPS, dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan Interactive Analysis Metode. Dalam memperoleh keabsahan data peneliti melakukan uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar IPS yaitu kesulitan dalam bahasa, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam mengingat dan kesalahan karena kecerobohan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan pembelajaran, minat belajar rendah, motivasi belajar rendah dan faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, suasana belajar di rumah kurang kondusif, kondisi lingkungan, pengaruh media massa, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi, jarangnya media pembelajaran digunakan, dan sarana pembelajaran belum lengkap. Langkah-langkah perbaikan yang telah dilakukan oleh guru kelas adalah guru memberikan perhatian khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar, guru berusaha mendekatkan diri dengan siswa, menjelaskan kembali materi yang belum dipahami, dan guru juga melakukan kegiatan remedial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identifikasi Kesulitan Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item