PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 MONTONG GADING

WINARTI, ANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 MONTONG GADING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANI WINARTI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dalam bentuk pretest-posttest. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading sebanyak 69 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Census sampling (sampel jenuh). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Gain uji T pada taraf 5%. Dari analisis diperoleh thitung (2.34) > ttabel (1.67). Nilai rata-rata kelas eksperimen (34,33) > kelas kontrol (18,93), ketuntasan kelas eksperimen (40,00%) > kelas kontrol (18.52%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CTL, Hasil belajar, Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item