PENGARUH METODE MIND MAPTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRIANI, NURUL AMALIA (2018) PENGARUH METODE MIND MAPTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL - NURUL AMALIA FITRIANI.docx

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode Mind Map pada pembelajaran IPS kelas V, apakah ada pengaruh metode Mind Map terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus 4 Selaparang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Experimental tipeNonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN pada gugus 4 di Kecamatan Selaparang, yaitu SDN 33 Mataram, SDN 34 Mataram, SDN 24 Mataram dan SDN 10 Mataram. Sampelnya adalah SDN 33 Mataram sebagai kelas eksperimen dan SDN 34 Mataram sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Samplingdengan jenis teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes objektif untuk memperoleh data hasil belajar dan metode dokumentasi untuk memperoleh data berupa foto kegiatan siswa dan guru selama proses pembelajaran. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji t-test polled varian. Sebelum melakukan uji hipotesis, data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil thitung sebesar 2,601 Sedangkan ttabel sebesar 2,001 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa terdapat Pengaruh Metode Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 4 Selaparang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CTL, Hasil belajar, Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item