PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. (STUDI DI SD GUGUS II KECAMATAN CAKRANEGARA)

HARTINA, SITI (2018) PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. (STUDI DI SD GUGUS II KECAMATAN CAKRANEGARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
(Jurnal).pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode think pair share terhadap hasil belajar IPAsiswa sekolah dasar tahun pelajaran 2018/2019(studi di SD gugus II kecamatan cakranegara). Pennelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus II Kecamatan Cakranegara yang berjumlah 194 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling. Sampelnya adalah siswa kelas V SDN 15 Cakranegara yang berjumlah 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 22 siswaa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan metode observasi untuk memperoleh data penerapan metode Think Pair Share. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test polled varian. Sebelum melakukan uji hipotesis, data yang diperoleh terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukann analisis, diperoleh hasil thitung 2,672 sedangkan ttabel2,017 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode think pair share terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar tahun pelajaran 2018/2019. Dengan hasil penghitungan koefisien determinansi yang menunjukkan bahwa konstribusi metode Think Pair Share dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V sebesar 14,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Think Pir Share, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 23 Jan 2019 05:39
Last Modified: 23 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item