ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) PERUSAHAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN CV. LAM – LAM DESA NDANO KECEMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA ANALYSIS OF BREAK EVEN POINT (BEP) BOTTLED WATER COMPANY CV. LAM-LAM NDANO VILLAGE MADAPANGGA SUBDISTRICT BIMA REGENCY

Worontika, Abdul Barry (2018) ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) PERUSAHAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN CV. LAM – LAM DESA NDANO KECEMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA ANALYSIS OF BREAK EVEN POINT (BEP) BOTTLED WATER COMPANY CV. LAM-LAM NDANO VILLAGE MADAPANGGA SUBDISTRICT BIMA REGENCY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal PDF.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) masih agresif dalam menyuntikkan modal di dalam negeri. Pasar industri AMDK di Indonesia beberapa tahun terakhir ini semakin berkembang seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Peningkatan kebutuhan akan konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) dilatar belakangi oleh pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas ekonomi. Banyak perusahaan di indonesia yang memproduksi air mineral untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air mineral, yang dimana salah satunya yaitu “CV. LAM - LAM” produsen usaha air minum dalam kemasan yang tumbuh dan berkembang di desa Ndano Kecematan Madapangga Kabupaten Bima. CV. Lam-Lam memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dalam berbagai ukuran, seperti : kemasan cup 220 ml, kemasan botol 600 ml, kemasan botol 1.500 ml dan dalam bentuk kemasan galon 19.000 ml. Sebagai industri yang sedang berkembang, untuk itu diperlukan analisa Break Even Point untuk mengetahui apakah selama ini industri telah mencapai keuntungan atau belum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dimana penulis akan melakukan pengumpulan data berupa angka yang di butuhkan sehubungan dengan masalah yang akan di teliti, sehingga hasil penelitiannya dapat lebih dipercaya dan diandalkan kebenarannya. Disamping itu juga penelitian ini menggunakan studi literatur untuk mendapatkan teori, data-data serta gambar yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian pada perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) CV.Lam-Lam didapatkan nilai Break Even Point (BEP) dalam unit yaitu 38.608.733 liter atau pada bulan ke 16 untuk harga jual Rp 1.144,29 / liter, dengan Fixed Cost (FC) sebesar Rp. 3.021.905.500,00 dan Variabel Cost (VC) sebesar Rp. 41.157.681.118,05 pada Total Cost (TC) sama dengan Total Revenue (TR) sebesar Rp.44.179.586.618,05 sehingga perusahaan ini dinyatakan layak beroperasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Break Even Point (BEP), Fixed Cost (FC).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:47
Last Modified: 24 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

View Item View Item