FORMULASI GEL HANDSANITIZER MINYAK ATSIRI DAUN SERAI (Cymbopogon nardus) DENGAN HIDROXY PROPYL METHYL CELLULOSE (HPMC) SEBAGAI GELLING AGENT

WIDYASTUTHI, FEBRIZA RISTI (2018) FORMULASI GEL HANDSANITIZER MINYAK ATSIRI DAUN SERAI (Cymbopogon nardus) DENGAN HIDROXY PROPYL METHYL CELLULOSE (HPMC) SEBAGAI GELLING AGENT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gel antiseptik tangan yang beredar dipasaran saat ini sebagian besar berbahan dasar alkohol. pemakaian berulang sebagai sediaan pembersih tangan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit. Salah satu yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar pengganti alkohol adalah serai (Cymbopogon nardus). Dilakukan tiga kali pengujian yaitu, uji pendahuluan terhadap konsentrasi minyak, uji sifat fisik sediaan gel dan uji replikasi yang dimodifikasi. Berdasarkan uji pendahuluan yang dilakukan minyak atsiri daun serai dapat membunuh bakteri Escherichia coli pada konsentrasi 5% dan bakteri Staphylococus aureus pada konsentrasi 10%. Daya sebar sediaan pada uji sifat fisik antara 5,5-6 dengan pH 7- 9 dan daya lekat 1 detik. Uji replika yang dimodifikasi menunjukkan penurunan jumlah koloni bakteri yang signifikan pada setiap konsetrasi formula dari ketiga kelompok uji. Signifikansi ini menunjukkan adanya penghambatan bakteri yang disebabkan oleh penggunaan gel pembersih tangan. Berdasarkan uji organoleptis tingkat kesukaan masyarakt dan uji antibakteri sediaan gel pembersih tangan dipilih konsentrasi 10% sebagai sediaan yang disukai masyarakat dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Escherichia coli, gelling agent, pembersih tangan, Staphylococus aureus.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:46
Last Modified: 24 Jan 2019 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item